Harus diingatkan kepada para pembicara atau para pengajar yang mengajar jemaat di mimbar gereja π, agar mereka tidak sembarangan menyatakan bahwa jemaat adalah milik Kristus, tanpa menyertakan konsekuensi-konsekuensinya; yaitu konsekuensi menjadi milik Kristus.
Hendaknya tidak sampai terjadi, sementara jemaatπ₯ merasa milik Kristus padahal mereka masih memiliki dirinya sendiri. Kalau mereka memiliki dirinya sendiri, sedangkan dirinya terikat dengan berbagai kesenangan dunia, berarti mereka masih dimiliki oleh dunia.
Secara de jure sebenarnya mereka dimiliki oleh Tuhan, tetapi secara de facto mereka masih dimiliki dunia.
Mereka dimiliki dunia sebab diri mereka masih dalam keterikatan dengan materi dunia π ini atau kekayaan dunia dengan segala keindahannya. Mereka ada dalam kesesatan.
Dengan tindakan ini mereka sebenarnya memberontak kepada Tuhan; tidak menundukkan diri kepada Tuhan Yesus π sebagai Tuhan dan Rajanya.
Tidak heran kalau orang-orang seperti ini akan ditolak Tuhan pada waktunya.
Untuk menjadi milik Kristus seseorang harus rela meninggalkan segala sesuatu (Luk. 14:33, Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku). Orang yang tidak melepaskan diri dari segala sesuatu tidak dapat diubah Tuhan π; mereka tidak dapat dimuridkan.
Dimuridkan artinya : dinasihati untuk diubah. Jika demikian, berarti keselamatan yang disediakan bagi mereka π₯ disia-siakan.
Keselamatan adalah usaha Tuhan mengembalikan manusia kepada rancangan-Nya semula. Orang percaya yang benar, yang mengalami proses dikembalikan ke rancangan semula Allah, harus memberi segenap hidupnya bagi Tuhan.
Hidup dalam kebenaran Tuhan π dan mengabdikan diri sepenuhnya bagi Kerajaan Surga.
Inilah ciri-ciri dari orang yang dimiliki oleh Tuhan.
Hal tersebut di atas terkait atau sejajar dengan pernyataan Paulus bahwa jemaat Roma lebih dari pemenang (Rm. 8:37). Menang di sini artinya unggul.
Menang bukan dalam arti fisik, kekayaan, politis dan segala aspeknya; sebab secara hal-hal tersebut jemaat Roma tidak berarti sama sekali, mereka π₯ adalah orang-orang yang tertindas, miskin dan lemah.
Menang yang dimaksud adalah menang sebagai orang-orang yang dikasihi oleh Tuhan dan memiliki janji dimuliakan bersama-sama dengan Tuhan Yesus.
Dalam hal ini Jemaat Roma lebih dari orang-orang (penduduk Roma lainnya) yang menang atau memiliki kelebihan secara politik, kekuasaan, ekonomi dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu hendaknya pembicara di mimbar tidak sembarangan mengatakan atau menyatakan bahwa semua jemaat π₯ yang ada sekarang ini adalah umat pemenang, tanpa mengajarkan perjuangan yang harus dijalani seperti jemaat Roma yang telah berjuang dan setia sampai akhir.
Pernyataan Paulus mengenai “lebih dari orang-orang menang”, sebenarnya ditujukan kepada jemaat Roma yang sudah teruji perjuangannya, sehingga pantas disebut demikian. Hal ini tidak bisa ditujukan kepada semua orang Kristen π₯, tetapi hanya untuk mereka yang sudah berjuang seperti jemaat Roma.
Bagaimana bisa dikatakan menang jika tanpa perjuangan?
Menimbang hal di atas, maka hendaknya kita tidak sembarangan mengenakan ayat dalam Roma 1:6 tersebut kepada sembarang orang Kristen zaman ini.
Hendaknya kita π₯ tidak sembarangan mengatakan bahwa semua orang Kristen adalah milik Kristus dan telah menjadi umat pemenang.
Banyak orang Kristen yang tidak dimiliki oleh Tuhan, sebab memiliki dirinya sendiri atau dimiliki oleh dunia berhubung hati mereka tertambat pada percintaan dunia π
Orang-orang Kristen seperti itu tidak bisa dikatakan sebagai umat pemenang, sebab belum membuktikan kesetiaannya kepada Tuhan Yesus dengan mengorbankan segala sesuatu yang ada padanya bagi Tuhan.
Fakta yang terjadi hari ini, banyak orang Kristen yang merasa mengikut Tuhan Yesus hanya oleh karena beragama Kristen dan pergi ke gereja π
Tidak sedikit mereka menjadi Kristen hanya karena mencari atau mau menerima berkat jasmani (kemakmuran duniawi).
Mereka tidak mengerti bahwa mengikut Tuhan Yesus π adalah mengikuti jejak-Nya, seperti jemaat Roma memiliki keadaan yang berbeda dengan dunia ini dan berani menderita demi kepentingan pekerjaan Tuhan (Rm. 12:1-2).
Mereka yang tidak sama dengan dunia π ini, yang rela meninggalkan segala miliknya dan berjuang hanya untuk kepentingan Tuhan, adalah yang benar-benar layak disebut sebagai milik Tuhan.
Orang yang memiliki dirinya sendiri hidup untuk kepentingan diri sendiri, tetapi orang yang dimiliki Tuhan hidup untuk kepentingan Tuhan semata-mata.
JBU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar