Fenomena yang dapat
menggambarkan hubungan suami istri itu misteri.
Tetapi yang dimaksud Paulus dalam
Efesus 5 : 31 - 32 adalah hubungan Kristus πdengan jemaat.
Pernahkah kita berpikir suatu hal ketika Firman Tuhan berkata seorang laki - laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya,
sehingga keduanya menjadi satu daging.
Walaupun ini tidak tepat betul, tapi bisa memberi gambaran pada kita.
Bapa π di Surga meninggalkan Yesus.
Tuhan Yesus harus meninggalkan Bapa di Surga untuk menemukan kita.
Tapi kita harus meninggalkan dunia ini untuk menemukan Tuhan.
Perhatikan ini....
Kita tidak akan pernah ditemukan Tuhan Yesus kalau Tuhan Yesus π meninggalkan BapaNya.
Ini luar biasa.
Kita tidak akan pernah menemukan Tuhan Yesus kalau tidak meninggalkan dunia ini.
Prinsip kita adalah ASAP
ASAP = Aku Sudah Akan Pulang
Tidak ada prinsip lain yang membuat kita rela meninggalkan dunia, kecuali kita benar - benar menerima pernyataan Tuhan Yesus bahwa kita bukan berasal dari dunia ini.
Kita dihisapkan dari atas seperti Dia berasal dari atas.
Kita bukan dari dunia ini.
Kita bukan milikku dunia π ini.
Sekarang kita semua harus full heart untuk Tuhan, sehingga kita semua menjadi fulltimernya Tuhan.
Kita harus berani meninggalkan dunia dan segala kesenangannya.
Selama kita masih terikat dengan dunia ini.
Kita tidak akan menjadi perawan suci di hadapan Tuhan.
Kalau kita bicara perawan suci seperti yang disebutkan dalam Alkitab π berulang - ulang, seperti di kitab Wahyu, mereka yang tidak menajiskan dirinya.
Itu bukan berarti seorang yang tidak pernah menikah.
Perawan di situ bukan menunjukkan wanita.
Tapi itu pria tidak terikat
dunia π, menjadi perawan.
Pengertian perawan di sini adalah orang yang sudah tidak terikat dengan percintaan dunia.
2 Korintus 11 : 2
Sebab bukan tidak mungkin fakta ini, fenonema ini jelas terjadi di mana gereja π mempertunangkan jemaat dengan dunia.
Gereja menawarkan Tuhan seakan - akan Tuhan bisa membawa dunia ini bisa mempertemukan jemaatnya dengan berkat dunia.
Yang mana tidak pernah dijumpai Alkitab, tidak pernah dijumpai dalam sejarah dalam kehidupan gereja mula - mula.
Justru mereka kehilangan segala sesuatu demi
imannya kepada Tuhan Yesus Kristus π
Sangat sulit untuk dunia kita yang matrealistis, apalagi untuk orang - orang yang terlanjur terikat dengan percintaan dunia atau orang - orang yang secara materi itu berlimpah.
Gereja yang benar, pelayan Tuhan yang benar, pembicara yang benar akan terus mendesak jemaat π₯ untuk dipertunangkan Tuhan Yesus sebagai perawan suci.
Jadi makin tua makin menanggalkan semua keterikatan, itu seiring dengan visi kita, makin rentan, makin tidak nyaman sama dengan melepaskan semua kenyamanan, rambut rontok, gigi rontok, tanggalkan semua.
Harus berani mati sebelum mati.
Tentu ini bukan untuk orang tua yang mau meninggal.
Semua kita termasuk untuk anak - anak remaja dan pemuda.
Jangan terikat dengan dunia π ini.
Kita bisa memiliki pendidikan yang tinggi, gaji yang besar, penghasilan yang besar, tetapi hati kita
tidak terikat di situ.
Supaya menjadi perawan suci.
Tuhan mengatakan kalau kita tidak membenci nyawamu.
Nyawa itu sukei ( jiwa)
Kamu tidak layak bagiku.
Kita khianati diri kita sendiri.
Kita khianati dengan tidak memenuhi selera keinginan diri kita π₯sendiri.
Ini Kristen yang benar.
Jika tidak demikian kita bukan perawan suci.
Jangan berharap menjadi mempelai Tuhan masuk dalam pesta kawin Anak Domba Allah, artinya :
Pertemuan Tuhan Yesus π dengan mempelai ini.
Kita memiliki target menjadi mempelai.
Dan itu memang standar Alkitab π standar Injil umat pilihan itu menjadi mempelai.
Maka harus hidup tidak bercacat tidak bercela, maka harus tidak terikat dunia ini.
Kita harus mulai sekarang.
Sebab untuk betul - betul terlepas dari ikatan dunia π bukan sesuatu yang mudah, harus diperjuangkan.
- Ayat 3
Makanya pikiran kita harus terus diperbarui dengan kebenaran Firman yang murni supaya jangan disesatkan.
Dunia sudah menyesatkan.
Sekarang gereja π lagi, menyesatkan.
- Tuhan yang baik, katanya - Tuhan yang memberkati
- Tuhan yang melindungi
- Tuhan yang mencukupi segala kebutuhan .
Tuhan yang baik, Tuhan πyang sering tidak mencukupi kita, supaya kita berkekurangan.
Dengan berkekurangan itu kita bertobat dan mencari Tuhan.
Tuhan yang baik Tuhan yang tidak mengumbar kesenangan kita, tapi
memangkas kesenangan - kesenangan kita.
Tuhan yang jahat senang kalau Dia sering diperlakukan seakan - akan Tuhan yang benar, diberi lebel nama Tuhan yang benar.
Jin tapi namanya Yesus.
Doa kepada Yesus satu ini, Dia akan menjawab doamu, minta....
Yesus π yang benar, tidak begitu kamu harus minta dalam namaku kepada Bapa.
1. Kamu minta dalam namaku apa yang Aku setuju.
2. Kamu harus minta sesuatu yang berguna untuk pekerjaan Bapa di Surga.
Kalau untuk kepentingan kita, kita mau jadikan Bapa di Surga sumber kuasa kemuliaan itu sebagai
kacungmu.
Itu kurang ajar.
- Ayat 4
Yesusmu itu jin, bukan Yesus yang ditulis dalam Alkitab π
Itu Karakteristik beda dengan karateristik Yesus yang asli.
Yesus π yang asli itu pikul salib mahkota berduri.
Yang diajarkan Yesus yang lain.
- Yang membuat orang betah di bumi
- Yang membuat orang lupa rumahnya bukan di bumi.
Yesus yang benar Yesus yang malah membatasi tidak memenuhi kebutuhan
Itu bukan kebutuhan itu keinginan.
Kebutuhan kita itu satu, "Asal ada makan dan pakaian cukup".
Ini dunianya Tuhan Yesus, -
- salib
- mahkota berduri, -
- penderitaan
- melepaskan diri dari ikatan dunia π
Ini injil yang benar.
Kalau ada Yesus yang lain, itu roh yang lain.
Tidak seperti roh yang dibagikan Paulus.
- Bagiku hidup adalah Kristus, mati adalah keuntungan.
- Asal ada makanan dan pakaian cukup, dan berbagai prinsip lain.
Itu roh yang diajarkan Paulus.
Sekarang yang diajarkan apa ? tidak ada....
Yang dipungut ayat - ayat Perjanjian Lama.
Itu menghindar dari kebenaran Injil yang murni.
Ayat - ayat Perjanjian Lama, lalu diambil hikmahnya, yang tidak beda jauh dari motivator.
Para motivator dunia sekuler lebih cerdas.
Kalau hanya Allah π berperang ganti kita, orang Kristen dianiaya, Allah berperang tidak gantiin orang Kristen koq.
Kecuali pada waktu Saulus ke kota Damsyik, itu juga supaya Paulus bertobat.
Stefanus dilempari batu mati, Allah tidak berperang ganti Stefanus.
Itu kematian yang sangat keji, mengerikan.
Tapi tidak ada artinya dibandingkan dengan kekekalan.
Ketika kita π₯ bertumbuh dewasa kita juga diajar tidak minta apa - apa.
Karena ini milik Tuhan kita jagai.
- Seperti majikan punya toko, kita jagai.
Kalau kita dipercaya urus toko, kita tidak perlu minta tolong majikan.
Itu tanggung jawab kita.
Majikan mengandalkan kita.
Jadi tujuan seluruh pelayanan ini adalah
Bagaimana mempertunangkan jemaat menjadi mempelai Tuhan Yesus π
Oleh sebab itu kita harus menjadi perawan suci.
Kalau ada ikatan dalam hati kita, harus lepaskan.
Gereja π tidak boleh mempertunangkan jemaat Tuhan dengan dunia.
Kalau kita ada masalah. Wataknya kita akan rusak, biar diproses Tuhan.
Semua kejadian dipakai
Tuhan untuk bisa mengubah kita.
Kalau kita ada masalah.
Yang diselesaikan bukan masalahnya, wataknya yang diselesaikan supaya berbuah.
- Watakmu diubah, karakternu diubah supaya jadi manusia Allah.
- Menjadi seorang yang berkodrat ilahi lalu
diperkenan masuk anggota keluarga kerajaan.
Masalah selesai tapi watakmu tidak beres, untuk apa ?
Kita π₯ bisa melewati semua masalah karena Tuhan beserta kita.
Tidak sedikit gereja π, dan seluruh pelayanannya, sebenarnya bertendensi penyesataan yang mengerikan, mempertunangkan jemaat Tuhan dengan dunia.
Kita harus :
- Hidup suci, cerdas secara rohani.
- Sehat fisik kita
- Banyak duit
- Berani mati untuk Tuhan.
Memiliki pemikiran yang benar di hadapan Tuhan, maka harus dibaharui terus.
Jangan menjadikan Tuhan obyek perhatian tetapi sebenarnya keterlibatan Tuhan hanya sebagai alat untuk meraih dunia π ini.
Karena Tuhan baik,
Kekayaan bangsa - bangsa diberikan
Itu untuk Bangsa Israel, orientasinya masih berkat jasmani.
Kita sudah tidak mikir kekayaan bangsa - bangsa.
Ini akan kita tinggalkan.
Ini koq yang dipikiri duit ?
Justru Tuhan π berkata
jangan mengingini milik sesamamu.
Tetapi Kalau hari ini bangsa Israel menjadi kuat memang kekayaan bangsa - bangsa mengalir ke bangsa itu.
Banyak bankir - bankir orang - orang kaya itu Yahudi.
Mau tidak mau kekayaan mengalir ke bangsa itu.
Pemilik perusahaan besar, orang Yahudi.
Lembaga - lembaga dunia orang Yahudi, karena Tuhan sudah menjanjikan itu.
Sementara itu orang - orang yang mengaku pelayan Tuhan, hamba Tuhan, bersama jemaat mengatakan :
You are my everything, kau segalanya bagiku
Padahal tidak, kau jadikan
Dia alat.
Engkau tidak jadikan Dia sebagai majikan.
Justru itu kebiasaan yang salah, itu harus kita hentikan dan bertobat.
- Urusan kepada Tuhan kan kita minta tolong.
- Tuhan kan Bapa kita, harus tahu hati Bapa, yang mengasihi kita, kelihatannya benar.
- Jangan kita Balita terus.
Tapi kita harus dewasa di samping Bapa, mengatakan apa yang harus saya lakukan untuk Bapa ?
Jawab Bapa di Surga pasti begini, "Contohlah putraKu" yang sulung.
Tuhan Yesus π tidak pernah minta apa - apa di dunia.
Kecuali bagaimana Dia bisa menyelesaikan tugas Bapa dengan baik.
Kehidupan seperti itu yang kita contoh.
Penyesatan ini luar biasa seperti virus kanker ganas.
Tetapi informasi yang gawat ini tidak diberitahu jemaat π₯
Dan banyak jemaat yang tulus - tulus, tidak mau jahat, mau hidup baik - baik, hidup diberkati Tuhan, hidup sukses, urusannya bukan ke dukun, ke gereja.
Ikut bantu gereja juga.
Tetapi tidak dibawa ke Surga.
- Sudah terlanjur cintanya kepada pendetanya, cintanya kepada gerejanya.
Sudah gelap mata.
- Padahal pendetanya tidak bawa dia ke Surga.
Belajar kebenaran, supaya kamu dapat diobati.
Sebab kalau terus menerus ibaratnya orang penyakit hari serosis / pengerasan hati.
- Sampai tidak bisa diobati.
- Sampai telinganya tidak bisa mendengar kebenaran.
- Belum lagi diintimidasi harus tunduk.
Kutuk kalau pindah, jadi jemaat tambah takut.
Ini fenomena yang riil.
Kita harus menyadarkan jemaat π₯
Injil yang benar begini.
Bukan tanpa alasan kalau Paulus berkata, " Aku takut kalau - kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan mu yang sejati seperti Kristus, sama seperti Hawa yang diperdaya ular dengan kelicikannya."
Sejak gereja π menjadi agama negara, abad ke 4 akhir abad ke 5
Itu gereja menjadi rusak.
Abad 14 - 15 di mana ada reformasi juga tidak menyelesaikan masalah.
Eropa hari ini menjadi kafir.
tidak menjawab, atau belum menjawab.
Gedung yang Bagus - Bagus yang orang sungguh - sungguh mengukir yang dipersembahkan bagi Tuhan
Dan punya investasi punya gedung - gedung besar dan mewah.
- Sekarang jadi kafe.
- Sekarang jadi restoran
- Sekarang jadi musium
- Ada yang jadi gudang
- Ada yang dijual tapi belum dibeli.
Yang sedih lagi jadi rumah ibadah agama lain.
Belum selesai reformasinya.
Belum selesai tugas para reformator.
Di Eropa sendiri masyarakat menjadi begitu sekuler.
Kita harus kembali ke Alkitab π
Alkitab Perjanjian Baru.
Kehidupan Tuhan Yesus yang dibangkitkan kembali.
Injil yang hilang ditemukan kembali.
Dengan mendengar Firman yang benar, mengalami pikiran terus menerus, kita mengerti bagaimana seharusnya mengasihi Tuhan π
Dan melakukan apa yang baik berkenan, dan sempurna di hadapan Tuhan.
Maka kita memulai kehidupan Kristen yang murni.
Pikiran kita π₯ harus dibersihkan terus menerus
oleh pembaharuan pikiran.
Sehingga kita dapat melepaskan diri dari percintaan dunia.
Selera jiwa kita diubah.
Jadi ketika Kekristenan menjadi agama negara,
jubah kulit binatang yang bau dan usang diganti dengan baju sutra
dengan atribut - atribut kemegahan seorang ulama dan tokoh agama.
Jangan kita anggap itu kemenangan.
Ketika mereka menikmati jabatan itu duduk sekitar kaisar - kaisar.
Tuhan π disalibkan ke dua kali.
Jadi kalau kitab Wahyu menulis perempuan itu menunjuk gereja Tuhan.
Dilarikan padang gurun 3,5 masa artinya gereja mengalami 3,5 abad keadaan yang tidak menentukan.
Sebenarnya merupakan proses dibentuk
Penderitaan itu dipelihara di padang gurun dan padang gurun itu bicara tempat yang tidak menyenangkan.
Selama ini para penafsir Alkitab khususnya gereja -
gereja π Pentakosta dan kharismatik nanti ada pengangkatan selama 3,5 th, itu salah, itu keliru.
Kita sudah terlanjur mengenal Tuhan, habiskan hidupmu untuk mengenal Dia.
Terdapat perjuangan berat untuk menemukan, mengalami, memiliki hubungan secara permanen dengan Tuhan.
Kesalahan tidak terletak pada Tuhan.
Dia Setia kita yang tidak Setia.
Ketika kita kembali kepada Tuhan π jangan berpikir hubungan langsung permanen, itu belum.
Karena Kita membawa karakter buruk di dalam diri kita.
Maka Tuhan mendidik kita, membimbing kita bisa melepaskan semua unsur - unsur duniawi.
Supaya hubungan kita dapat harmoni dengan Tuhan.
Jadi perjuangan itu adalah melepaskan semua ikatan kita dengan percintaan dunia π
Atau kecintaan kita kepada siapa dan apapun yang membuat hubungan dengan terganggu atau membuat Tuhan Yesus secara pribadi yang paling berharga tercinta dalam hidup kita.
Kalau kita mencintai seseorang, orang tua dan lain sebagainya itu karena Tuhan π, bukan orang itu
Jadi sebagaimana kita meninggalkan ayah dan ibu bersatu dengan pasangan hidup.
Demikian pula kita harus
menanggalkan segala ikatan dengan dunia ini dan bersatu dengan Tuhan.
Seperti Tuhan Yesus menanggalkan kemuliaanNya turun ke dunia π untuk menemukan kita.
Kita juga harus meninggalkan dunia ini.
Kita tidak mau mengkhianati Tuhan Yesus
Mengimbangi kesediaannya meninggalkan kemuliaan untuk menemukan kita.
Kita π₯ juga meninggalkan semua untuk menemukan Tuhan.
Jadi kalau ikut Tuhan Yesus seperti masuk jalan sempit, benar, ini perjuangan yang berat.
Sebab keterikatan mamon, ikatan yang nyaris, ikatan yang tidak mudah dipatahkan.
Ikut Tuhan Yesus jalan sempit.
Masalahnya bukan di jalan itu.
Masalahnya di diri kita, masalahnya badan kita terlalu besar.
Jadi jangan disalahkan jalan sempit....
- Seperti unta jangan salahkan lubang jarumnya, memang sempit tapi bukalah semua yang ada di kepala unta dan bawaannya.
Ditaruh lalu jongkoklah, didorong.
Unta yang bisa berjalan berpuluh - puluh kilo, disuruh jongkok, bayangkan....
Kamu tidak didorong kamu tidak bisa masuk.
Kalau bukan Roh Kudus π tidak bisa.
Jadi kita harus ada respon.
Tanggalkan semua, baru bisa didorong.
Bagi manusia mustahil, bagi Allah tidak mustahil.
Waktu orang kaya ini bertanya kepada Tuhan Yesus π, apa yang harus aku lalukan agar memperoleh hidup yang kekal ?
- Dia sudah melakukan hukum, itu bagus.
- Dia sudah jadi orang baik - baik itu bagus.
Tetapi orang kaya ini mau yang sempurna.
Nah... ini harganya mahal, sempit.
- Masalah masih banyak beban, tanggalkan.
- Juallah segala milikmu dan bagikan kepada orang miskin.
Dia tidak mau.
Orang kaya ini pergi dengan sedih banyak hartanya.
Murid - muridNya mulai gentar, kalau begini siapa yang selamat Tuhan ?
Sebenarnya mereka juga ingin kaya.
Lebih mudah unta masuk lubang jarum, daripada orang kaya masuk surga.
Bagian kitaπ₯ tanggalkan dulu semua beban, ikatan dosa
Supaya kita bisa pulang bersama.
Bagi manusia mustahil, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.
Inilah yang dimaksudkan Tuhan Yesus π mendahulukan kerajaan Surga.
Dahulukan kamu akan menemukan.
Kita tidak bisa menyuruh Tuhan membuat kita berubah, tetapi harus ada respon kita yang cukup.
Jadi ketika kita menanggalkan beban - beban dan ikatan dunia ini
Kita memiliki petualangan hebat, karena ada dampak kekal atau dampak abadi.
Dengan cara demikian kita membangun sebuah hubungan eksklusif dengan Tuhan π untuk menemukan kekasih abadi.
Usaha menempatkan diri dengan benar sebagai mempelai wanita sebagai perawan suci itu petualangan yang hebat.
Ketika suatu hari nanti ada pesta perkawinan Anak Domba berlangsung semua orang π₯ yang setia.
Setia sampai akhir dan menjadi mempelainya akan memperoleh kebahagiaan yang luar biasa.
Dalam sekejap semua penderitaan, semua tekanan lenyap.
Tidak ada yang diingat.
Kita harus bisa merenungkan ini.
Karena kita tidak tahu deadline kita kapan ?
Jangan menunggu,
Kita π₯ harus berani melepaskan, memang sakit.
Kita harus meninggalkan dunia dan semua kesenangannya.
Nanti kita bisa mengerti.
JBU π·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar