Himpunan sidang - sidang ini menjadi menjadi sidang yang sangat terhormat, karena sidang ini menjadi sidang ilahi.
Di mana Tuhan π berkenan kepada hambanya sebagai juru bicara, agar kita sebagai anak - anak Allah dipersiapkan layak dipermuliakan bersama - sama dengan Tuhan Yesus.
Sebagaimana menjadi pelayanan, Kita π₯ sungguh - sungguh melayani dengan murni sesuai dengan kehendak Allah sepenuhnya.
Sama dengan kalau sidang ini kita mempunyai kerinduan mendengar nasehat dan
Komitmen yang bulat untuk menjadi pelaku kebenaran guna menjadi pribadi - pribadi yang sesuai kehendak Allah.
Gembala mempersiapkan khotbah untuk kita.
Dan kita π₯ harus mempersiapkan hati sungguh - sungguh menerima nasehat itu.
Kiranya Tuhan menolong kita untuk mengerti kehendak Bapa.
Ada pribadi agung yang hidup yang Rohnya
melingkupi jagat raya yang tak terbatas, yang kita panggil Bapa π
Dan Tuhan Yesus Tuhan kita yang melalui Roh Kudus yang menasehati kita mengisi hari hidup seperti Dia pernah mengisi hari hidup.
Jadi kita briefing sekolah kehidupan di gereja.
Efesus 17 - 18
Setiap kita harus menjadi theolog yang handle.
Bicara theolog bukan mereka yang sekolah Alkitab π dan memiliki gelar Sarjana Theologi, master Theologi.
Semua kita harus setinggi - tingginya memahami kebenaran.
Soal gelar itu ukuran manusia π₯
Itu parameter akademis.
Tetapi ukuran dan parameter irani, kita benar - benar mengenal Tuhan oleh pimpinan Roh hikmat dan wahyu yang pada akhirnya kita bisa melakukan kehendak Allah π dan menyelesaikan pekerjaanNya.
Jika tidak, setinggi apapun gelar teologia yang disandang seseorang percuma memalukan.
Oleh sebab itu kita mendengar pengajaran - pengajaran setiap minggu oleh Roh hikmat dan wahyu :
- Kita bertumbuh dalam kehidupan setiap hari
- Membaca buku rohani π
- Mendengar cd khotbah.
- Jam doa yang terus konsisten.
- Perjalanan hidup bersama dengan Tuhan.
Sebab yang namanya persekutuan dengan Tuhan π itu perjumpaan dua pribadi kebersamaan setiap waktu, di segala tempat dalam memenuhi segala kegiatan secara harmoni.
Jadi tidak ada jam di mana kita tidak berjalan dengan Tuhan π
Jalanin hidup semacam ini.
Jangan hanya memiliki teori dan fantasi
Jalani dan alami.
Theolog itu Theos dan logos.
Theos artinya : Tuhan
Logos itu ilmu pengetahuan, study, understanding, knowledge
Theologi pengenalan mengenai Tuhan.
Setiap Kita π₯ punya keadaan yang berbeda.
Bagaimana dari perspektif kita masing - masing.
Perspektif kita sebagai pedagang, praktisi hukum, sebagai ibu rumah tangga, tenaga medis dalam memahami Tuhan.
Mengenal Tuhan di duniamu, di kondisi kongkrit hidup kita.
Itulah sebabnya ajaran yang disampaikan gembala harus memiliki implikasi kongkrit dan implimentasi yang kongkrit yang pas untuk hidup kita masing - masing.
Kita tidak dibawa hanya satu peranan pengertian tentang Allah π yang didebatkan didiskripsikan hanya menjadi senjata - dalam argumentasi, amunisi - amunisi perdebatan.
Tapi pengetahuan yang mendarat secara kongkrit dan kita bisa mengalami Tuhan π
Sehingga yang disebut Theolog itu sebenarnya relatif tergantung situasi hidup masing - masing individu.
Kita π₯ harus jadi Theolog - theolog handle :
- Di tempatmu
- Di duniamu
- Di masalah - masalahmu
- Di lingkunganmu.
Jadi jangan berpikir ada orang - orang π₯ vyang punya ilmu tentang Tuhan.
Seakan - akan hanya orang - orang itu yang bisa mengenal Allah.
Dia punya ilmu tentang Allah lebih banyak dari otak manusia yang ditulis dalam buku π, yang tumpuk dalam perpustakaan.
Belum tentu mengenal Tuhan.
Gembala jemaat harus mengerti benar pesan Tuhan yang disampaikan di depan jemaat, karena beliau sebagai Juru bicara Tuhan.
Kita π₯ harus memperoleh manfaat kongkrit.
Oleh sebab itu Roh hikmat dan wahyu tidak bisa diberikan oleh professor, doktor manapun.
Hanya Tuhan yang bisa memberikan bagi kita
yang haus dan lapar akan kebenaran.
Kalau kita memiliki fokus dan orientasi hidup itu perkara - perkara dunia, kita tidak layak menjadi milik Tuhan π
Banyak orang melepaskan diri dari segala ikatan, yang layak yang bisa dinasehati.
Sudah bisa dikatakan kesalahan yang fatal ketika orang berpikir bahwa sekolah Theologi bisa jadi lokomotif jemaat.
Lokomotif kita itu Tuhan Yesus π, bukan pendeta.
Oleh kuasa Roh kudus.
Pendeta - pendeta itu hanya mentor - mentor yang sangat terbatas.
Pada dasarnya kita harus menggantungkan hidup kita nyantol kepada Tuhan dan kerajaanNya.
Mintalah Roh hikmat dan wahyu.
Jangan berhenti belajar mengenai Tuhan.
Kita boleh cakap dalam segala bidang, itu harus, sesuai dengan bidang yang kita geluti.
Tetapi Theologia harus digeluti setiap individu π€ sesuai dengan wilayah dunia persoalan pergumulan hidup masing - masing individu.
Jangan berhenti.
Banyak orang tidak mengenal kebenaran sesuai Alkitab π
Pengajaran Tuhan yang dimiliki hanya resapan ajaran agama di sekitarnya, bukan dari Alkitab.
Ini kemiskinan banyak orang π₯ melihat bagaimana orang - orang ini memiliki kualitas hidup ?
Kualitas hidup yang tidak membuat dia menjadi saksi Kristus.
Menjadi saksi Kristus itu luar biasa.
Sehingga keberagamaan sehebat apapun tidak ada artinya dibandingkan dengan pengenalan Kristus.
Kita tidak bisa jadi manusia π₯ unggul tanpa mengerti Theologia.
Dan Theologia yang benar harus digumuli setiap hari setiap individu.
Kita harus memburu ini lebih dari seorang penambang emas.
Kebenaran yang kita cari yang bisa kita miliki lebih dari emas tua.
Ikuti terus, pertaruhkan pikiran, Konsentrasi waktumu ⌚
Jika kita mengikuti ini baru sesuai dengan firman Tuhan ayat 18.
( Efesus 1 : 18 )
Supaya mata hati kita menjadi terang.
Jadi secara teori kita mendengar ada kerajaan Surga, langit baru bumi π baru, tapi mata hati kita belum terang.
Matius 6
Mata adalah pelita tubuh.
Terkait dengan kumpulkan harta di Surga.
Kamu belum melihat surga karena kamu belum berusaha mengumpulkan harta.
Supaya kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan itu, betapa kayanya bagian yang ditentukanNya bagi orang - orang π₯ kudus.
Dengan penyataan Paulus ini, hendaknya menunjukkan kepada kitaπ₯ bahwa Kekayaan Kemuliaan yang ditentukan bagi orang - orang kudus sangat luar biasa.
Ini tidak untuk semua kita.
Tetapi kita yang terhisap, yang dinilai, yang termasuk, yang
terkualifikasi orang - orang kudus.
Kalau kita diajar hidup kudus, itu kita sedang mengumpulkan harta yang tidak ternilai.
Tapi orang lebih senang mengumpulkan harga diri, martabat, kekayaan dari pada kesucian.
Kesucian itu harus diperjuangkan step by step.
Ada orang yang cakap bicara, tapi tidak tulus.
Tidak setulus -tulusnya, tidak mengasihi orang sedalam - dalamnya.
Pemahaman mengenai hal ini harus bertumbuh terus.
Bagi mereka yang mengerti akan lebih mengasihi Tuhan π, tetapi yang tidak akan semakin mengasihi dunia.
Sekarang kita harus periksa diri.
Makin mengasihi Tuhan atau makin mengasihi dunia ?
Kerajaan Allah makin kelihatan atau masih pudar, tidak jelas.
Surga itu bukan tempat pembuangan yang nyaman.
Surga itu tujuan kita π₯
Tidak ada orang yang mau masuk neraka, tapi tidak menjadikan surga sebagai tujuan.
Kalau tidak menjadikan surga sebagai tujuan pasti tidak bergumul dalam hidup berurusan dengan Tuhan.
Ajaran yang merusak banyak orang Kristen π₯ adalah : ketika diajarkan masuk Surga itu mudah.
Asal percaya Tuhan Yesus masuk surga.
Percaya bagaimana ia tidak tahu, selamat itu apa ? dia tidak belajar, apalagi kalau sudah dikunci dengan pernyataan kamu dipilih untuk selamat, dia tidak, lebih rusak lagi.
Ini yang membuat gereja - gereja π Eropa sedih, ditinggalkan oleh jemaat.
Dan jemaat jadi kafir, Atheismis, Sekuleristis, jadi duniawi.
Kita harus memahami apa yang dimaksud Paulus kalimat betapa kayanya bagian Kemuliaan yang ditentukan bagi orang - orang kudus.
Di dalam teks aslinya ada satu kata bagian yang ditentukan itu, yang diwarisi (Cleronomia )
Ini kata yang akan membawa kita ke
Roma 8 : 17
Jadi kita seperti bermimpi, seperti bercumbu dengan bayang - bayang. Sebenarnya itu fakta, kita akan lihat sebagaimana Tuhan π itu nyata bertemu muka dengan muka.
Demikian pula kerajaanNya.
Dunia ini akan gonjang - ganjing, akan rusak.
Tapi kita tidak berharap dunia π ini bertambah baik.
Kita jalani saja.
Sementara itu kita menyongsong Kerajaan Tuhan Yesus.
Kita bukan orang - orang putus asa, kecewa, karena gagal hidup.
Tapi kita memang mengingini kerajaan surga.
Ke gereja π itu kita belajar berkemas - kemas.
Kita tidak lagi menjadi orang Kristen seperti dulu kebaktian, nyanyi.
Kalau kita ke gereja untuk belajar.
Kebaktian itu hidup tiap hari kita.
Kebaktian itu tiap hari.
Ini yang dikemas hati dan batinnya.
Mati itu pasti.
Kita jangan sombong.
Dunia π bisa dibawa ke kondisi ekstrim.
Kita harus siap - siap menghadapi kondisi ini.
Sebenarnya ayat ini membuka mata kita melihat apa itu
kristologi ?
Yesus π itu benar - benar anak.
Anak yang akan menerima warisan.
Seperti penglihatan dalam kitab Daniel, menyerahkan kekuasaan kepada anak manusia.
Tenyata Kemuliaan bukan hanya bagi Tuhan Yesus, tapi juga orang - orang π₯ yang menderita bersama Dia.
Bagaimana kita bisa memiliki pikiran atau mata yang terang terhadap kemuliaan yang diwariskan kalau pengertian kita masih dangkal ?
Pemahaman pengalaman kita dalam berinteraksi kita dengan Tuhan π masih miskin.
Agenda kita satu - satunya adalah mengenal Allah.
Apapun yang kita lakukan hari ini harus menjadi support untuk itu.
Supaya kita π₯ bisa cleronomia ( mewarisi )
Ini luar biasa tak terbayangkan.
Roma 8: 18
Suatu hari Allah π akan secara terbuka mendeklarasikan, to declare, " Ini anakku "
Tentunya orang - orang yang serupa dengan Tuhan Yesus.
Maka kita mesti berkejar - kejaran dengan waktu ⌚ untuk menjadi manusia Allah yang layak disebut anak Allah.
Jangan curiga kepada Tuhan π
- Bicara kerajaan surga.
- Hidup di bumi
- Tidak menoleh ke bekakang.
- Meninggalkan kesenangan
Bukan berarti kita kehilangan kemanusiaan.
Manusia tetap jadi manusia π₯ sampai kapanpun.
- Dan membutuhkan makan minum.
- Dan kita juga menikmati manisnya buah.
- Lezatnya makanan π
- Kita punya jiwa yang memiliki nilai - nilai estetika yang menikmati
Keindahan lukisan, pemandangan alam.
- Kita memiliki nilai - nilai seni di mana kita menikmati musik πΆ bagus.
- Kita perlu teman hidup,
sahabat dekat untuk mengisi hidup kita.
Tuhan tidak menghendaki kita menjadi pertapa di tengah hutan yang berkumpul dengan
monyet π dan babi hutanπ
- Kita pakai pakaian π yang pantas dan dandan yang pantas.
Sampai kapanpun begitu manusia.
Dunia π yang akan datang manusia tetap menjadi manusia seperti :
- Manusia yang ada pada kita yang punya nilai estetika.
- Bisa menikmati keindahan, seni, musik πΉ
- Menikmati makan π minum.
Sebab Tuhan berkata dalam injil
Matius 26, 29
Bahwa Dia tidak akan makan minum anggur sampai kerajaanNya.
Berpesta makan juga.
Dan Tuhan Yesus π ketika mengenakan tubuh jasmani setelah kebangkitanNya itu.
Dia menunjukkan bukti nyata sebuah peragaan tubuh kebangkitan.
Kisah 1 : 3 - 4
Berminggu - minggu bersama murid - murid sebelum dia naik ke surga.
Manusia π₯ tidak berubah bentuk, jadi binatang lain atau berbeda.
Tetap sama, karena manusia inilah yang diciptakan Tuhan π dan design dinilai sungguh amat baik.
Jadi kalau kita mati itu hanya transisi sementara untuk kemudian kita mengenakan tubuh kehidupan yang sama di dunia lain.
Kalau kita mendengar firman kita π₯ harus
meninggalkan dunia dengan segala kesenangannya artinya : jangan terikat.
Jangan berpikir lalu kita sekarang,
- Tidak boleh jalan - jalan
- Tidak menikmati musik
- Tidak boleh nonton film
Kita juga boleh :
- Nonton film.
Film itu bagian dari seni. Ada juga film yang bagus
- Mendengar musik πΌ, main musik.
- Pergi melihat pemandangan yang Tuhan π lukis kita bisa melihat lukisan Tuhan yang sempurna.
Kita tidak kehilangan kemanusiaan.
Di dunia kita bisa menikmati semua, tapi kita tidak terikat.
Nanti di kerajaan surga semua kebutuhan hidup disediakan untuk manusia.
Selama di bumi π kita tidak boleh terikat dan dibatasi kesenangan dunia.
Kita hidup di bumi hanya untuk menyenangkan Tuhan π
Irama hidup kita harus terus menyenangkan Tuhan.
Masuklah dalam perhentianmu, artinya :
Berhentilah dari kelelahanmu.
Itulah sebabnya orang percaya π₯ harus menahan diri bukan berarti membunuh kodrat kemanusiaanmu, kita hanya menunda.
Maka Tuhan berkata di Matius 19 : 29
Kalau yang ditinggalkan. Kesenangan - kesenangan dunia π nanti ada kesenangan - kesenangan yang sama tapi tidak membuat kita berdosa.
Jadi Tuhan menambahkan berlipat ganda.
Kita π₯ akan dibangkitkan di dunia yang
- Tidak ada krisis
- Tidak ada perang
- Tidak ada huru hara
- Tidak ada badai
- Tidak ada tsunami
- Ada kesulitan, tapi tidak seperti kesulitaan di bumi.
Itu kreasi yang luar biasa.
Lukas 12 : 32.
Allah berkenan memberikan kerajaan itu kepada kita.
Jadi mata hati kita harus dibuat terang oleh Roh hikmat dan wahyu
Kalau secara teori kita tahu, tapi mata hati kita belum terang.
Ini membuat kita π₯ tidak punya geliat yang sungguh - sungguh untuk menyongsong kedatanganNya.
Tuhan π tahu kebutuhan kita.
Allah yang menciptakan jagat raya ini ingin membahagiakan kita.
Bumi ini produk gagal, karena manusia telah jatuh dalam dosa.
Jangan terikat di sini.
Ada kekayaan yang tiada ternilai dalam kerajaan surga nanti.
Itu yang mestinya jadi kesukaan kita.
Kita jangan punya pilihan lain.
Tuhan π menciptakan kita dengan metabolisme tubuh ini dengan nilai - nilai estetika, seni, dan lain sebagainya.
Ini memang harus diaplikasikan dalam kehidupan kongkrit dalam fasilitas yang Allah sediakan.
Do re mi fa sol la si do, Tuhan π ciptakan itu.
Di kerajaan nanti sempurna sekali.
Jadi Kita hanya menundanya mestinya. Kita tidak keberatan.
Hanya menunda, bukan membatalkan.
Banyak orang Kristen berpikir Tuhan π membatalkan, tidak
Yang dibatalkan bumi ini akan menjadi lautan api.
Tapi di dunia yang akan datang di langit baru bumi π baru, Tuhan akan memberikan, menyiapkan ciptaannya yang baru dan kita akan menikmatinya.
Tuhan yang ngomong di mana Dia ada kita ada.
Kita akan bersama - sama Tuhan.
Dia Allah yang hidup, bukan Allah orang mati.
Kalau Allah orang hidup manusia berdaging
Hantu tidak berdaging.
Tuhan π bisa dipegang berarti hidup.
Kita percaya yang dikatakan Tuhan.
Kita harus serius bersama gembala ke surga.
Itu yang kita nantikan, kita harus terus berjuang πͺuntuk memindahkan hati kita ke surga.
Amin.... π·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar