π·Sesi ke 1
Retreat ini bisa menjadi langkah perjalanan baru dalam sejarah hidup kita
Retreat artinya : mundur dari lahiriah mengasingkan diri dari berbagai kesibukan untuk menfokuskan diri kepada Tuhan π
Kita π₯ mundur dari sebuah langkah kehidupan ke depan.
Ini tema yang sangat prinsip, pasti kita belum memahami maksud tema ini.
Hadirat Tuhan π itu di mana ?
Kalau Bangsa Israel dahulu mereka mengenal hadirat Allah hanya di ruang maha suci di bait Allah, dan yang boleh masuk hanya imam besar setahun sekali.
Ketika Tuhan Yesus π mati di kayu salib, tirai yang memisahkan antara ruang maha suci dan ruang suci serta halaman, robek dari atas ke bawah.
Ini sebuah pernyataan ilahi di mana Allah π merobek sekat dan pembatas dari atas ke bawah.
Dengan demikian setiap orang bisa menjumpai Tuhan, bisa menjumpai Allah yang maha kudus.
Di mana orang bisa menjumpai Allah yang maha kudus ?
Allah π ada di mana - mana.
Tidak ada satu ruangan, tertutup bagaimanapun
yang lolos dari hadirat Allah.
Tidak ada tembok, bahkan tembok baja yang bisa menutupi atau membatasi kehadiran Allah π
Tidak ada kegelapan segelap apapun yang bisa membatasi kehadiran Allah.
Allah ada di mana - mana, juga ada di sini.
Tapi seberapa kita π₯ merasakan kehadiran itu tergantung kita masing - masing.
Seberapa kita mau hidup di hadiratNya.
Mestinya keadaan lingkungan kita π₯ tidak mengganggu penghayatan kita akan hadirat Tuhan .
Tetapi orang - orang yang terpanah dan terikat dengan keindahan dunia π tidak bisa merasakan hadirat Tuhan π
Sebab fokus hidupnya adalah keindahan dunia.
Kita punya rumah π‘ punya mobil π, itu tidak salah.
Seharusnya hal itu tidak
mencengkram jiwa kita sama sekali.
Ketika seseorang π€ bangga dengan satu barang dan merasa nilai dirinya bertambah karena barang yang ada padanya, perhiasan, barang branded, kendaraan, rumah, ia merusak hadirat Tuhan.
1. Sekalipun kita π₯ memiliki segala sesuatu yang paling berharga di mata manusia, apakah itu berlian atau batu permata.
Tetapi kalau kita tidak memandang itu sebagai keindahan yang membahagiakan, Tuhan π hadir.
Dan kita punya potensi yang lebih besar, posibility yang lebih besar untuk merasakan hadirat Tuhan.
2. Ketika seseorang π€ ada dalam kecemasan dan gentar, ia mengusir hadirat Tuhan π
Sering kita dibawa Tuhan ke keadaan yang sulit.
Di situ sebenarnya Tuhan mau mengajari kita, Tuhan mau menguji kita.
Seberapa kita π₯ percaya Tuhan nadir.
Orang yang ketakutan tidak mengakui kehadiran Tuhan.
Jangan kita π₯ memberi kesempatan iblis π bersukacita dan bergirang karena kita merasa ketakutan.
Kita adalah anak Allah yang dijagai malaikat penjaga.
Jadi jangan takut.
Tidak ada satu kejadian dalam hidup kita di luar kendali Tuhan π
Semua dalam kontrol Tuhan.
Belajar untuk menghadirkan hadirat Tuhan π dengan menghalau rasa takut.
Kita harus menghargai Tuhan, dengan percaya Tuhan menyertai kita
Kalau kita π₯ tidak takut menghadapi apapun, kita percaya Tuhan menyertai kita, dan Tuhan π tidak pernah meninggalkan kita.
Prinsip kita :
" Tidak ada yang kutakuti selain Tuhan "
1. Kita menjadikan Tuhan satu - satunya kebahagian kita.
2. Menghalau rasa takut.
Menghalau kebencian atau dendam yang menyangkut sikap hati.
Kita tidak membuat Tuhan nyaman.
Semua kita pasti menghadapi perlakuan tidak adil.
Semua kita pasti pernah dimusuhi, disakiti, dilukai, tidak dihormati secara patut, tidak dimanusiakan.
Kita tidak lama di dunia π ini.
Diperlakukan bagaimanapun,
Kita tidak boleh membalas kebencian.
Waktu kita π₯ menghadapi orang yang lebih kuat dari kita.
Kita merasa orang itu mengancam.
Kita tidak berdaya menghadapi orang itu.
kita berlindung pada Tuhan
Kita bermaksud membalas, tetapi
Kita tidak berdaya membalasnya.
Ketika kita π₯ menghadapi orang lemah, di mana kita bisa membalas.
Kita menghadapi ancaman diri kita sendiri.
Kita menghadapi diri kita yang tidak kalah berbahayanya.
Jadi orang π€ semakin kuat semakin berkuasa, ia semakin mempunyai ancaman diri sendiri.
Dirinya sendiri itulah yang menjadi ancaman.
Ini membahayakan.
Jadi belajar :
- Mengalah
- Mengasihi orang lain
- Mengerti orang lain
- Menutupi kesalahan orang lain.
- Menerima kesalahan orang lain.
Itu tidak mudah
Tapi dengan cara begini kita menghadirkan Tuhan.
1. Bagaimana kita kembali kehadirat Tuhan.
Jangan mengganti dengan suatu kesenangan atau kebahagiaan.
Menjadikan Tuhan π kebahagiaan kita.
2. Menghalau rasa takut, jadi percaya kehadiranNya.
3. Membuang kebencian
Jangan membuka peluang dosa.
4. Tidak memberi kesempatan berbuat dosa atau hidup suci.
5. Persekutuan dengan orang percaya.
Di mana berkumpul dua orang dalam namaKu kata Tuhan, Tuhan π ada.
Kalau ini kita penuhi,
Kematian menjadi saat yang bahagia.
Jangan kita π₯ hanya tahu, mengerti dan setuju.
Sejak ikut retreat ini kita harus melangkah.
Karena umur kita belum tentu panjang, mungkin tidak lebih dari 5 th, 10 th, dan 20 th, 30 th.
Supaya kita π₯ hadir di retreat tidak sia - sia.
Kita harus berubah, ini sulit.
Kalau cita rasa sudah dipatok, dibelenggu oleh satu makanan, cita rasa lidah kita mau berubah susah.
Biasa makan spageti π, suruh makan gudeg susah.
Kalau kita sudah biasa maknyus dengan barang - barang.
Lalu tidak ingin punya barang - barang dan merasa kurang.
Cita rasa kita harus diubah Tuhan π
Kita juga harus mengubah ibu - ibu lain.
Kalau kita sudah mengenal Tuhan, jangan lagi kita terikat dunia π
Tuhan π tidak suka kita bergaul dengan orang yang tidak takut Tuhan.
Seperti orang tua juga tidak suka anaknya bergaul dengan anak yang nakal.
Bergaul harus dengan teman yang takut Tuhan yang bisa bicara yang langit baru bumi baru π
Hadirat Tuhan ini bisa kita bangun.
Kita π₯ yang harus membangun hadirat itu
Kita yang buat lingkaran, jangan kita keluar dari lingkaran ini.
Kita yang harus tanggung jawab sendiri.
Lingkaran ini hadirat Tuhan π
Tranfer spirit bisa lewat pergaulan.
Kita harus punya tekad untuk kembali ke hadirat Tuhan π dan menjadikan Tuhan kebahagiaan kita.
π·Sesi ke 2
Bagaimana kita π₯ hidup di hadirat Tuhan ?
Tuhan π hadir di manapun kita berada.
1. Jangan merusak hadirat Tuhan dengan menjadikan segala sesuatu sebagai kebahagiaan kita.
2. Jangan merusak hadirat Tuhan π dengan hidup ketakutan.
Jangan merusak kehadirat dengan kebencian dan dendam.
3. Jangan merusak hadirat Tuhan π dengan perkataan, pikiran yang tidak pantas dan perbuatan yang salah.
4. Jangan merusak hadirat Tuhan π dengan bergaul bersama dengan orang - orang yang tidak takut Tuhan.
Kita π₯ bisa bergaul dalam arti tugas kantor, kita harus terlibat atau hal - hal yang bertalian dengan kebutuhan jasmani dan bisnis kita.
Tetapi Kalau tujuan hanya bersahabat kumpul - kumpul, ini harus dihindari.
Ini sulit, karena kita π₯ sedang dipisahkan dari dunia π
Kalaupun Kita π₯ hadir di satu komunitas keluarga besar, kita harus jadi berkat.
Ini tidak berat, sama sekali tidak berat bila dibandingkan dengan kekekalan yang tidak terpikirkan, dasyat.
Kita π₯ yang harus membuat lingkaran, bukan orang lain.
Bahkan bukan Tuhan yang membuat lingkaran.
Dengan lingkaran ini kita ada terus di hadirat Tuhan, selalu di hadirat Tuhan.
Kita π₯ sudah menjadi korban kebodohan dari banyak ajaran kesalahan khotbah pendeta dan penyimpangan dari tradisi gereja π
Sementara kita menjadi Kristen kita π₯ hidup wajar seperti anak - anak dunia.
Betapa tragisnya hidup ini.
Ketika kebenaran makin menguasai pikiran kita, semakin bertambah -tambah, tentang berpikir kita semakin jauh.
Kita bicara tentang :
- Mengapa Allah menciptakan manusia ? semakin serius.
- Kita perkarakan ini.
- Kita melihat kekekalan.
- Kita melihat tragisnya hidup .
Hal ini tidak dihayati oleh banyak orang.
Misalnya : di sebuah restoran ada keluarga besar yang merayakan pesta ulang tahun, mereka berkumpul.
Hal ini tidak akan berlangsung terus.
- Nanti yang satu masuk penjara karena kasus
- Nanti yang satu meninggal.
- lalu ada yang sakit.
- lalu menjadi tua dan mati.
Ini tragis....
Dan herannya yang menyampaikan ini hampir tidak ada.
Gereja π yang harusnya menyampaikan ini tidak tegas.
Bahkan tidak menyampaikan sama sekali.
Ini bukan pesimis.
Kita π₯ harus gumuli, mengenal Tuhan π dan dikenal Tuhan.
Jiwanya, esensinya, nafasnya, bukan kemasan liar.
Dikenal itu bukan diketahui siapa kita ?
Tapi kita punya hubungan dikenal Tuhan π
Dikenal itu cinta kita dirasakan Dia.
Kita π₯ harus merdeka dari rasa takut.
Mau takut apa ?
Kalau kita berbuat dosa, kita masih bisa merasa takut.
Kalau kita π₯ bersih, kita tidak punya rasa takut.
Kita jangan kelihatan suci, tapi harus suci benar.
Lalu kita mencintai Tuhan, lalu Tuhan merasa cinta itu.
Waktu ⏰ hidup kita yang singkat ini kita harus mengenal Tuhan dan dikenal Tuhan
Dan Alkitab π itu agenda utama kita.
Kita harus menilai, tetapi tidak menghukum, itu namanya membedakan roh.
Dari buku π, cd πΏ khotbah kita mendapat kayanya kebenaran.
Kita harus punya waktu⌚ untuk mendengarkan itu.
Kita π₯ harus belajar firman karena Tuhan.
Dari pengenalan ini kita terus dilatih dengan interaksi dengan Tuhan π
Dengan Tuhan macam ini, bukan Yesus yang lain, tetapi Yesus π yang benar.
- Yesus yang suka bikin masalah.
- Yesus yang melegalisir adanya perang, bencana, adanya krisis ekonomi.
- Yesus yang membuka meterai.
Kuda - kuda itu berbicara gerakan - gerakan.
Sebab dunia sudah saatnya diakhiri.
Sebelum zaman baru, sebelum Tuhan π menghadirkan kerajaanNya.
Bumi π ini akan mengalami goncangan, dan Tuhan π yang legalisir.
"Aku datang bukan membawa damai, tetapi pedang."
Ketika bicara ini, Tuhan π bicara akhir zaman.
"Aku melemparkan api."
Para pendeta mengatakan api Roh Kudus, itu salah.
Kita perhatikan konteksnya bukan api Roh Kudus.
Ini soal keadaan akhir zaman yang terus bergolak.
Yesus yang benar, adalah : Yesus yang suka buat masalah.
Tanpa masalah kita tidak akan jadi " Baik."
Mungkin sekarang Kita π₯ tidak dipandang indah oleh manusia.
Tapi kita dipandang indah oleh Bapa π
- Jadi kalau kita yang tidak punya masa depan yang baik.
- Jalani hidup ini, engkau tidak akan terperosok.
- Sepertinya tidak ada harapan.
Memang Tuhan π membuat dirimu seperti tidak punya harapan, semua gelap
dan semua tertutup.
Kita π₯ banyak yang tersesat dalam pergaulan wajar dunia.
Kita harus keluar, tidak lama kita hidup.
Jadi yang susah - susah,
- Jangan merasa minder, karena itu tidak meninggikan Tuhan dengan cara begitu.
- Jadi khawatir, jadi cemas, kita tidak memuliakan Tuhan dengan sikap itu.
Sebaliknya yang mampu merasa diri agung, mulia. Karena penampilan, itu juga tidak memuliakan Tuhan.
Jangan jadi pesona orang karena sengaja.
Anak Tuhan itu pesonanya luar biasa.
Wanita - wanita cantik kalau lekat Tuhan π pesonanya beda.
Pria kalau hidup kudus lekat Tuhan pesonanya beda.
Interaksi sebuah awal perjalanan dengan Tuhan, kebersamaan dengan Tuhan dimulai dari sekarang, bukan nanti.
Sesatnya orang Kristen π₯ berpikir setelah mati ketemu Tuhan.
Kita π₯ tidak akan ketemu Tuhan kalau tidak berjalan bersama Tuhan πsekarang.
Kalau kita mendengar dan menuruti firman ini, kita akan menyesal.
Kebersamaan dengan Tuhan π di kekekalan dimulai hari ini π
Dimulai sekarang sejak kita hidup.
Kita harus mengenal Tuhan dan dikenal Tuhan.
Dari sekian miliyar manusia Tuhan tahu, ada hati yang melekat.
Tuhan π merasa ada orang yang hatinya melekat, Tuhan merasa.
Seperti perempuan pendarahan 12 th yang menjamah jubah Tuhan.
Tuhan π menengok dan merasa lain.
Banyak pendeta,
Banyak orang Kristen π₯
Banyak wanita Kristen Tetapi ini lain.
Kita π₯ mau dinilai Tuhan atau mau dinilai manusia ?
Biar Tuhan mengangkat kita.
Jangan wajar hidup seperti orang lain hidup.
Di mata Tuhan π kita dapat dinikmati, sehingga Tuhan juga ingin memandang wajah kita.
Kita bisa mengalami ini.
Semua orang π₯ ketika kita harus tinggalkan, suami, istri, anak - anak, siapapun.
Kita harus tinggalkan dan lepaskan semuanya.
Jangan mencintai manusia π₯, harta dunia lebih dari Tuhan.
Orang Kristen yang melekat dengan Tuhan tidak pelit.
Tuhan itu π bicara kepada kita pada waktu kita siap mendengar.
Waktu kita kejepit, tidak punya uang, apakah kita yakin besok kita masih hidup ?
Rata - rata kita π₯ masih kuatir dan takut.
Berpikirlah ini hari terakhir kita.
Besok pagi kita π₯ bangun, kita merasa bahagia, masih bisa hidup, punya satu hari.
Kita ditebus oleh Tuhan Yesus π, jadi kita tidak berhak hidup.
Kalau orang tidak merasa ditebus, dia hidup suka - suka sendiri.
Kristen yang benar,
hidup besok untuk Tuhan, hidup hari ini untuk Tuhan.
Kita harus hidup seperti Yesus.
Jadi kalau kita π kehilangan harta, suami, anak, dan siapapun, kita jadi kokoh.
Dan waktu mati, ringan terbang.
Kalau tidak maupun, kita π₯ harus meninggalkan mereka, atau ditinggalkan mereka.
Jadi sukses manusia π₯ bukan diukur dengan ukuran uang, harta yang dikumpulkan.
Jangan merasa gagal. kecuali kita hidup dalam dosa.
Kalau hanya ekonomimu yang remuk, rumah tanggamu yang hancur, itu bukan kegagalan.
Itu bisa dipakai Tuhan π untuk kesempurnaan.
Ikut jalannya Tuhan, tidak diukur dari banyaknya titel, pangkat, kedudukan.
Tapi ukuran suksesmu sejauh mana kita
mengenal Tuhan, mengalami Tuhan π dan
dikenal oleh Tuhan
Dia Allah π yang berpribadi nyata / real, seharusnya secara nyata kita alami.
Kita π₯ tidak bisa jadi kokoh, kuat tanpa mengalami Tuhan
Kalau semua serba teori tidak bisa, harus dialami.
Kalau kita π₯ tidak berusaha hidup suci, kita tidak akan pernah merindukan pembebasan dari tubuh ini.
Dan banyak orang takut mati.
Justru berjuang πͺhidup berkenan di hadapan Tuhan dia ingin segera pembebasan tubuh ini.
Tetapi ketika menghadapi kedasyatan kematian, ini yang bisa menjawab.
Dosis ini yang bisa menjawab, ketika kita π₯ di ujung maut.
Kematian itu pasti, dan kita tidak bawa apa - apa.
Ilmu yang paling tinggi dari Tuhan Yesus π adalah mengosongkan diri.
Dia Allah anak yang punya kemuliaan dan kekusaan harus meninggalkan.
Tuhan π itu punya kekayaan yang tak terbatas.
Tapi Dia rela jadi manusia, tidak punya apa - apa.
Bapa di surga rela melepaskan anakNya.
Tidak ada artinya semua kekayaan ini.
Kita π₯ lebih mahal dari berlian.
Tuhan harus kita sayangi lebih dari berlian.
Demi berlian orang nyolong dan tidak jujur.
Pengalaman dengan Tuhan π itu pengalaman yang tak ternilai.
Memang sangat subyektif, itu pengalaman pribadi.
Kalau tidak dipimpin firman yang benar,
dasar firman yang benar, jadi sesat.
Doa itu harus, subyektif, sekali.
Tapi jangan masuk dalam fantasi.
Jangan punya pengalaman - pengalaman, kesibukan - kesibukan keberagamaan, tapi tidak mengerti kebenaran firman.
Bagaimana menghayati dan mengalami Allah πyang hidup ?
Masalah yang paling penting tiap hari π tidak boleh tidak ketemu Tuhan Yesus secara pribadi.
Di waktu khusus sepanjang jalan kita bisa menghayati kehadiran Tuhan karena :
Waktu kita berdoa dalam frekwensi ini, kita tidak berpikir kotor, tidak berdosa.
Kalau frekwensi turun kita bisa berbuat dosa.
Di sini kita tidak bisa dipuaskan, kecuali oleh Tuhan.
Frekwensi menghadap Tuhan π harus setinggi. - tingginya.
Kalau frekwensi rendah kita cepat berbuat dosa.
Makin lihat kesucian Tuhan kita semakin tidak merasakan kenikmatan dunia π sebagai hal yang penting lagi.
Wanita punya kekuatan dalam rumah tangga dan negara.
Kita harus bertumbuh terus untuk mengenal Tuhan π
Kita harus punya pengalaman dengan Tuhan.
Jangan kita disakiti Tuhan π baru sadar.
Menjadi sempurna itu pilihan.
π·Sesi ke 3
Tidak boleh emosial tanpa pengertian.
Emosi harus dipakai.
Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap jiwamu. dan hatimu, itu emosi.
Jadi Kalau kita π₯ mau nangis, nangis.
Mau senang, senang di hadapan Tuhan.
Alkitab π juga menunjukkan bagaimana Bangsa Israel bisa bersukacita di hadapan Tuhan π dengan tulus.
Kita juga tidak tiap hari menari.
Daud juga tidak tiap hari menari.
Ada saatnya kita π₯ menari, ada saatnya kita sujud, jadi lengkap.
Bagaimana menghayati kehadiran Allah π yang hidup.
Kita jadikan bukan saja hal yang paling penting, tetapi satu - satunya.
Jangan membuat prioritas.
Mengalami Allah π yang hidup satu - satunya.
Maka emosi kita pasti ditujukan kepada Tuhan.
Semua tokoh - tokoh di Alkitab π juga mengalami Tuhan demikian.
Bagaimana Abraham dalam hari - hari hidupnya mengalami Tuhan π
Seluruh hidupnya disita
oleh panggilanNya,
Yusuf, Musa, Daniel.
Mereka mengalami Tuhan secara real.
Tentu di Perjanjian Baru, murid - murid Tuhan Yesus, setelah Tuhan yesus π ke surga juga hidup dalam persekutuan dengan Tuhan.
Jaman kita bukan di mana Allah π meninggalkan gerejaNya.
Tuhan beserta kita.
Seberapa banyak kita meraih, apakah kita π₯ mengambil panci kecil untuk menampung, atau kita tidak memiliki tampungan sama sekali.
Allah π menghujani dunia dengan kehadiranNya.
Kita harus buka selebar - lebarnya alat untuk menampung, sebanyak - banyaknya.
Oleh sebab itu, iman kita jangan tergantung orang lain, sekalipun itu pendeta.
Sedikit - sedikit didoakan pendeta.
Sedikit - dikit menangis, minta, didoakan.
Tapi jangan terus menerus tergantung kepada orang lain, tetapi harus mandiri.
Temui Tuhan dalam keadaan galau, resah.
Masuk ruangan, cari tempat sepi, datang kepada Tuhan π
Kalau kita π₯ mencari Tuhan, kita akan mengalami Tuhan berlimpah.
Jadi jangan memberikan mangkok kecil, kasih Tuhan porsi kecil, doa hanya 5 menit.
Duduk diam di kaki Tuhan, di situ kita π₯ menikmati sukacita Tuhan.
Mengatasi segala pergumulan, kita pasti menikmati sukacita Tuhan.
Kita akan selalu jadi berkat untuk orang lain.
Orang yang menikmati sukacita Tuhan, dia tidak bisa dibahagiakan
dunia π
Oleh sebab itu, ada langkah yang harus kita ambil :
- Menghayati bahwa Tuhan π adalah Allah yang hidup dan nyata.
Lebih banyak orang melihat penampakan - penampakan dari pada Tuhan.
Dan Tuhanpun tidak menampakkan diri.
Kita π₯ harus kembangkan keyakinan ini.
Kita π₯ harus lebih yakin Tuhan hadir di sini, lebih yakin malaikat menjaga.
Kenapa orang lebih takut setan dari pada Tuhan ?
Apa yang ditulis Alkitab π bukan omong kosong, bukan tipuan, tetapi kebenaran.
Kita percaya dulu baru mengalami.
Seringkali kita hadapi masalah.
Melalui masalah - masalah Tuhan π mau tunjuki Dia setia, walaupun kita tidak setia.
Peristiwa dalam Alkitab π
Kisah itu nyata.
Seakan - akan itu nyata dalam hidup kita.
Sekarang kita melemparlan diri kita ke masa lalu.
Tuhan itu realitas.
Masuklah Ke suasana itu.
Kita π₯ harus menjunjung tinggi iman tokoh - tokoh.
Allah itu nyata.
Hidup kita telah dimulai berabad - abad lalu. Dimulai dari Abraham, Musa.
Klimaksnya adalah Tuhan Yesus, yaitu Logos yang menjadi anak manusia. Lalu rasul - rasul sampai kepada kita.
Kita adalah bagian dari sejarah Kerajaan Allah π° Bedanya kita ikut Tuhan Yesus.
Bangsa Yahudi ikut Musa.
Kita π₯ harus melanjutkan perjalanan sejarah itu.
Jangan berpikir Tuhan itu diskriminatif.
Jaman kitapun Allah menyatakan diri secara luar biasa.
Tuhan π jangan hanya menjadi ruang museum tanpa berhubungan dengan hidup kita saat ini.
Perjanjian Lama ruang tamu, harus lewat ruang tamu, masuk terus.
Kita π₯ harus mempelajari hidup tokoh - tokoh iman
dalam Perjanjian Lama. Dan pengalamanseperti yang mereka alami.
Kita yang mengerti Alkitabπ tidak boleh terpengaruh oleh orang yang tidak mangerti Alkitab.
π·Sesi ke 4
Mengucapkan syair lagu harus, sungguh - sungguh apa yang kita nyatakan, itu hal yang sangat sulit.
Kita π₯ harus nekad membereskan diri, agar berkenan di hadapan Tuhan π walaupun kita belum sempurna.
Jemaat π₯ harus diarahkan ke langit baru bumi baru.
Ini sulit, karena sudah lama hidup dalam keduniawian.
Kita harus dibetot dan dipaksa keluar dari hidup keduniawian.
Kita π₯ harus mau terus berubah, sehingga apa yang kita nyatakan dalam syair - syair lagi itu sesuai dengan hidup kita.
Kita harus belajar selalu hidup di hadirat Tuhan π Langkah - langkah hidup di hadirat Tuhan :
- Mengalami
- Meyakini
- Menghayati
Kita π₯ adalah :
- Kelanjutan perjalanan sejarah kerajaan Allah.
- Dari Adam, Abraham yang mendapat panggilan Bapa orang percaya.
- Sejarah Bangsa Israel,
dari Mesir berjalan ke padang gurun, sampai ke Kanaan, dari Kanaan ke raja - raja, lalu mereka dibuang oleh karena kejahatan mereka.
- Lalu masuk Perjanjian Baru, yang merupakan puncak, dari rencana Allah.
- Dilanjutkan para rasul, bapa - bapa gereja π, tokoh - tokoh iman di zaman gereja Saduki.
Kita π₯ memandang apa yang terjadi bukan fantasi.
Kita harus menyatukan pada sejarah kerajaan Allah.
Sebagaimana mereka telah mengalami, Tuhan π begitu nyata sehingga mereka turut menoreh sejarah kerajaan Allah.
Kita π₯ juga turut menoreh sejarah kerajaan Allah di dalam diri kita.
Hanya orang yang menoreh tulisan dalam kerajaan Allah yang akan masuk keluarga kerajaan.
Jadi kita bukan orang di luar, tapi orang di dalam.
Oleh sebab itu kita harus benar - benar mengalami Tuhan π
Oleh sebab itu kita tidak boleh menuntut bukti - bukti lahiriah.
Kita π₯ boleh menuntut pengalaman fisik bagi kita percaya kepada Allah π
Tuhan mengajar kita, "Berbahagialah orang percaya walaupun tidak melihat".
Di sini kita harus berani berjuang πͺ menembus batas.
Batas dari ketidak percayaan menjadi percaya.
Dari keadaan yakin, kurang yakin terhadap keberadaan Allah π yang maha hadir.
Tuhan Yesus π sendiri mengajar, bahwa kita harus percaya walau tidak melihat.
Bila Tuhan menunjukkan ada orang percaya π₯walau tidak melihat, maka Tuhan tidak menjamin akan menyatakan diri secara fisik supaya manusia percaya.
Jadi kalau ada pendeta π€ bersaksi kalau dia bertemu dengan Tuhan, dia punya pengalaman real berjumpa dengan Tuhan π
- Seakan - akan itu hal yang luar biasa.
- Dia tanpa sadar dia merusak diri.
- Dia boleh bangga, dan orang juga membanggakan, karena bodoh.
- Apa kita π₯ baru percaya setelah kita punya pengalaman - pengalaman fisik, bertemu dengan Tuhan ?
- Apakah kita π₯ mau jalan kalau ada tongkat.
Seakan - akan tidak ada penglihatan tidak bisa percaya.
Tidak yakin di kakimu kamu bisa berjalan?
Tidak yakin dengan imanmu kamu bisa bergaul dengan Allah ?
Maka Paulus berkata :
" Percaya kami bukan melihat ".
Melihat segala sesuatu harus dengan iman.
Dalam hal ini diperlukan
iman yang sungguh - sungguh.
Orang kalau tidak meyakini kehadiran Allah π, bisa hidup sembarangan.
Kita π₯ harus tahu ada kamera π· yang tidak bisa rusak, kamera selalu aktif terus, ada kamera Tuhan :
- Di tempat gelap
- Di balik gordeng
- Di balik pintu
Kita sering lupa ada kamera π·, yang nanti akan dipertontonkan.
Kita sering tidak menghayati hal itu, sehingga kita sembrono dan ceroboh.
Kita π harus takut Tuhan :
- Jangan membuat apa yang salah di mata Tuhan.
- Jangan kita berbuat sesuatu yang tidak pantas, baik melalui ucapan, sms.
- Kita harus sadar ada kamera π· yang selalu melihat kita.
Iman itu bukan rasa terbangkitkan tanda lahiriah.
Misalnya : waktu berdoa harus merasa merinding. Dan Tuhan π hadir.
- Jangan tunggu. merinding atau bergetar waktu berdoa.
- Jangan berharap waktu berdoa Ada bayangan.
- Jangan kita berdoa harus lihat ada tanda lahiriah.
Walaupun tidak ada tanda lahiriah kita π₯ tetap percaya.
Sampai kita tidak membutuhkan tanda lahiriah.
Dan ini membutuhkan perjalanan panjang.
Berpikirlah ini hari terakhir kita.
Jadi perasaan tidak terlibat tetapi jangan di kedepankan karena seakan - akan mengatur Tuhan π, karena itu sikap tidak menghormati Tuhan.
Kita kepada Tuhan π harus yakin.
Kita harus percaya dulu
Karena Tuhan.
Alkitab π berkata :
" Ditemukan orang yang mencari Dia"
Kita membayar dengan :
- Jam doa setiap hari π
- Mendengar cd khotbah
Supaya kita tidak ketemu allah yang lain .
Supaya kita tidak ketemu roh yang lain.
Kita harus nekad meninggalkan keinginan dosa, percintaan dunia π, itu sakit.
Sebab Tuhan π tidak membuang mutiara kepada babi π·dan barang kudusnya kepada anjing π, Itu artinya : Tuhan juga melihat kepantasan orang mengalami Dia.
Agama : dari bawah ke atas.
Kekristenan : Allah π dari atas ke bawah.
Keselamatan diperkasai oleh Allah.
Tetapi manusia π₯ harus memiliki respon yang memadai untuk itu.
Kalau tadi rencana Allah π menyelamatkan manusi bisa gagal.
Rencananya memperbaiki manusia π₯, itu tujuanNya.
Dari manusia berdosa hidup 70 th 80 th sampai menjadi manusia yang dikehendaki oleh Allah π
Kita harus serius mencari Tuhan.
Agenda kita π₯ hanya satu - satunya mengenal Tuhan dan dikenali Tuhan.
Dikenali Tuhan artinya : dinikmati Tuhan π
Kita harus mengenal Dia dan mengalami Dia.
Sampai kita tidak bisa hidup tanpa Dia.
Orang - orang seperti ini sukses hidupnya.
Jangan sampai kita π₯ tidak berubah.
Orang tidak bisa berubah karena lekukannya sudah lama.
Diluruskan balik lagi.
Jadi kita harus berjuang.
Kita harus :
- Hidup tidak bercacat dan tidak bercela.
- Harus Sempurna
- Langit Baru Bumi π Baru ( LB 3 )
- Hidup tanggung Jawab, menjaga kesehatan, mencari nafkah yang baik.
Sekarang kan selalu :
- Mujizat terus
- Doa berkat - berkat
Ini tidak tepat.
Tapi ini gereja - gereja π yang menyesatkan banyak orang.
Sesat bukan berarti masuk neraka.
Tapi gagal membawa orang menjadi corpus delicti atau sempurna, seperti Kristus π
Dunia π sudah mengajarkan gaya hidup yang salah, yang keliru.
Kita harus banyak doa supaya berubah.
Harus menghayati ada kamera π· yang selalu melihat kita.
Pengalaman dengan Tuhan π bukan emosi.
Mazmur 22 : 40
Kita π₯ harus membuka perasaan kita di hadapan Tuhan, supaya kita tidak kaku.
Pikiran ( akal budi) perasaan kita harus dipakai.
Berbuah dan menuai itu setiap hari π, bukan setiap tahun.
Menuai itu setiap hari.
2000 th yang lalu, itu menuai terus, itu umum, tidak spesifik.
Kita π₯ dengan Tuhan π hanya sejauh percaya, bukan persaan emosi sesat.
Sebab perasaan kita temporar tidak bersifat
permanen.
Kita π₯ harus berjalan dengan iman bukan secara fisik.
Jangan kita minder karena tidak ada hal spektakuler dengan Tuhan.
Walau kita tidak pernah
melihat Tuhan π, tetapi kita percaya.
π·Sesi ke 5
Percaya walaupun tidak. melihat.
Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa semua yang tidak dapat dibuktikan alasan ilmu pengetahuan itu tidak bisa dipercayai.
Tapi kita π₯ tidak demikian.
Tuhan π tidak boleh diukur dengan ilmu pengetahuan.
Apa yang dapat diketahui manusia tidak mungkin melebihi yang dipercayai.
Apa yang diketahui tentang Tuhan π, tidak ada
apa - apanya dibanding Tuhan sendiri yang bisa dipercayai.
Kita percaya Tuhan π hadir di mana - mana.
Tidak bisa kita pecahkan dengan pengetahuan.
Tapi kita yakin Dia ada di mana - mana.
Oleh sebab itu kita π₯harus tahu bahwa, anak - anak Tuhan kita semua punya hak yang sama untuk mengalami Tuhan.
1 Petrus 1: 17
Allah π tidak memandang muka, tapi Allah, memperhitungkan perbuatan kita.
Orang π€ yang hidup dalam ketakutan, artinya : orang yang berhati - hati apa yang dipikirkan, diucapkan, dan dia lakukan.
Kita π₯ tidak boleh tertipu
oleh ajaran suara orang yang berkata seakan - akan orang tertentu yang diperlakukan khusus.
Setiap kita adalah orang - orang yang benar - benar istimewa di mata Tuhan π
Banyak dari kita π₯ yang jiwanya sudah rusak :
- Mengalami kekecewaan karena pengkhianatan suami
- Kemiskinan yang berkepanjangan
- Tertindas oleh mertua
- Perlakuan kasar suami
Atau
- Kehidupan yang selalu dimanjakan lihat orang miskin
- Selalu terhormat,
rusak....
πΈYang satu menilai diri terlalu rendah, diperlakukan tidak adil, diinjak - injak dan ditindas.
πΈYang satu selalu tinggi dan selalu dihormati.
- Jangan memperhitungkan apa yang pernah kita π₯ jalani apakah yang tertindas atau yang terhormat.
- Jangan perhitungkan semua ini.
Perhitungkan semua kitaπ₯ memiliki nilai yang sama berharga di mata Tuhan π
Kalau orang hebat di mata manusia, menjadi sombong.
Kalau orang yang selama ini dipandang rendah akan jadi minder
Jangan menoleh ke belakang.
Kita istimewa memiliki hak khusus, hak yang sama dengan yang lain.
Kalau mulai dikesankan ada orang tertentu bisa mengalami Tuhan πsecara istimewa, sedangkan kita tidak, ini akan melemahkan gairah kita mengalami Tuhan secara benar.
Sekalipun tanpa sadar kita ikut - ikutan menuduh Tuhan sebagai π pribadi yang pilih kasih / diskriminasi dan berlaku tidak adil.
Ada pendeta yang kalau di kalangan gereja π kharismatik, pentakosta semakin banyak yang dengan pengalaman pribadi yang sangat berunsur subyektif menipu jemaat, seakan - akan mereka orang - orang π₯ istimewa.
yang hanya mereka patut didengar.
Sehingga orang tidak mengenal dan mencari Tuhan π secara langsung, tetapi hanya menggantungkan hidupnya kepada pendeta ini.
Sudah dikotak - kotakan imam para pendeta, ini awam.
Tidak menutup kemungkinan memang ada orang π€ yang diberi karunia mengajar, mengetahui banyak isi Alkitab π
Kalau kita π₯ ada sebagaimana ada hari ini π, itu semua karena Tuhan.
Jangan tergantung kepada siapa - siapa.
Masing - masing kita berurusan dengan Tuhan.
Kita juga harus punya kepekaan, apakah yang diajarkan dan disaksikan gembala itu berasal dari Tuhan π atau bukan?
Berbahagialah orang yang percaya walaupun tidak melihat.
Tidak sedikit pelayan - pelayan Tuhan dalam gereja, pendeta - pendeta dalam gereja π tidak berurusan dengan jemaat dalam keadaan : - Miskinan rohani
- Miskin pengalaman dengan Tuhan
- Masih gampang tersinggung
- Gampang marah
- Mata duitan, matre.
Pendeta π€ harus lebih dahulu jalan maju daripada jemaat.
Pengalaman - pengalamannya itu bisa menjadi jembatan - jembatan kecil yang membuat kita maju.
Banyak gereja π cukup puas dengan kesetiaan jemaat dalam bentuk organisasi gereja.
Banyak Jemaat yang :
- Tidak dewasa
- Mulutnya bocor
- Menyakiti orang lain
Terdapat fenomena yang salah, kalau jemaat π₯ yang rajin ke gereja itu dianggap setia berhak menerima ijasah artinya : telah mematuhi kesetiaan dan dilibatkan dalam pelayanan.
.
Banyak mereka π₯ yang sebenarnya belum matang.
Ijasah itu bukan dari gembala sidang.
Ijasah itu harus dari Tuhan.
Lulusnya seseorang layak melayani Tuhan π bukan dari pengamatan pendeta, tapi dari pengamatan Tuhan.
Kalau gereja π tidak sungguh - sungguh memperkarakan hal ini itu jahat sekali.
Sebab yang dikehendaki Tuhan π itu kesempurnaan
Jadi kalau cukup membuat jemaat puas di dalam gereja, itu bahaya.
Lalu sesat orang - orang itu.
Jadi banyak orang sesat di dalam gereja π
Ini yang namanya politik agama, politik dalam gereja.
Paulus dalam suratnya berkata dirinya semacam mak Comblang, dirinya mempelai Kristus.
2 kor 11 : 2 - 3
Sebagai perawan suci adalah kita, harus menjadi orang yang tidak bercacat dan tidak bercela.
Itu perawan suci.
Jadi kita π₯ boleh merasa puas dengan :
- jumlah jemaat yang hadir.
- Kesibukan yang kita lakukan.
- Retreat setahun sekali atau dua kali.
Kita tidak boleh fokus pada aktivitas, organisasi, aktivitas managerial.
Tetapi kita π₯ harus fokus pada perubahan individu
untuk menjadi manusia Allah seperti yang Tuhan kehendaki.
Kita π₯ harus jadi berusaha sempurna.
Sesempurna mungkin
Ini harta abadi.
Keselamatan hanya korban Yesus π di kayu salib.
Setelah kita menjadi orang - orang yang ditebus, tidak bisa menghindar.
Kita π₯ adalah produk yang salah.
Dulu kita hidup wajar seperti orang lain, ingin ini, ingin hidup wajar, itu salah.
Tuhan π mau kita sempurna.
You must be perfect as just your Father in heaven is perfect.
Kamu harus sempurna seperti Bapa di surga sempurna.
Kita hidup berapa lama?
Punya suami, anak, cucu, cicit.
Satu mati semua gone miss.
Kita π₯ bisa sempurna, walaupun terlambat, tetapi sampai juga, jangan terlambat, atau jangan tidak sama sekali.
Kita harus punya tekad berubah.
Ada yang sudah setia,tapi kurang tepat, asal diarahkan sedikit, asal kita mau "rendah hati " baru bisa jalan.
Kita π₯ harus :
- Jaga mulut
- Jaga setiap gerak hidup kita dalam segala hal tidak boleh bercacat.
Tidak mungkin tidak berbuah.
Tidak mungkin tidak berdampak.
Kita harus berubah jadi sempurna.
Kita akan sangat menyesal kalau kita tidak sungguh - sungguh.
Penyesalan yang tidak bisa digambarkan.
Ratap tangis dan gertak gigi.
Hampir semua gereja π sudah menyimpang.
Kita harus mengakui dan menerima, bahwa menjadi Kristen itu dipisahkan dari dunia.
Kita π₯ memang hidup di tengah - tengah masyarakat dengan cara hidup dan gaya hidup mereka, tetapi cara hidup dan gaya hidup kita harus berbeda.
Kalaupun sama - sama bekerja cari nafkah, punya rumah tangga, punya anak.
Kelihatannya sama, tetapi yang menggerakkan kita melakukan segala sesuatu beda
Kita π₯ digerakkan sebuah motivasi bagaimana kita mencapai perkenanan Tuhan π
Lewat hidup berumah tangga, lewat pergumulan mencari nafkah, lewat pergumulan dengan pergaulan Kita π₯ dididik bagaimana menempatkan diri sebagai anak - anak Allah yang menerapkan lewat Tuhan π
Oleh sebab itu kita belajar untuk sempurna.
Kita harus berani dipisahkan dari dunia ini
Tuhan itu hadir di mana - mana, pasti....
Seberapa tebal kabut kehadiran Tuhan π, itu tergantung kita.
Kalau kita masih menjadikan sesuatu sebagai kebahagiaan, Tuhan π tidak nyaman di tengah - tengah orang yang kebahagiaannya itu perkara - perkara dunia π
Tuhan berkata,
"Kalau kamu tidak melepaskan diri dari segala milikmu, kamu tidak bisa jadi muridKu", artinya : engkau tidak bisa Kuubah.
Percuma kamu jadi anakKu.
Kalau kita π₯ mendengar firman berkata, Tuhan beserta kita itu bukan mau melindungi dan menjaga kita.
Kita kanak - kanak terus.
Tetapi Dia mendidik sebagai guru.
Maka Tuhan berkata : "Jadikan semua bangsa muridKu."
Tuhan π mau mendidik kita, tetapi kita sibuk main - main, tidak bisa.
Jangan punya kesenangan selain Tuhan.
Apapun yang kita π₯ miliki juga bisa membahagiakan.
Tidak harus mobil mewah, motorpun membahagiakan.
Tapi kalau bukan Tuhan kebahagiaan kita.
Akan digerakan banyak keinginan.
Karena tidak merasa pernah puas.
Itulah yang ditawarkan iblisπ kepada Hawa.
Itu ditawarkan iblis,
Sampai kita mati, kita tidak menemukan Tuhan π
Maka Alkitab π berkata, asal ada makan dan pakaian cukup.
Bagaimanapun keadaan kita, syukuri saja.
Perubahan itu bukan pada fisik, tetapi perubahan manusia batiniah semakin melekat eksklusif dengan Tuhan π menjadi mempelaiNya.
Kalau Tuhan π membawa kita pada keadaan yang mencemaskan, kita jangan takut.
Kita harus menghalau rasa takut, percaya kehadiranNya.
Semua dalam kendali Tuhan.
Orang percaya setan π
- Merinding ada setan
- Gelap ada setan.
Ini bentuk kemiskinan kita.
Ada huru hara, Tuhan apa yang sedang terjadi.? Apapun yang terjadi kita dalam perlindungan Tuhan π
Sebelum ujian, anak -anak harus jauh - jauh hari belajar.
Sama dengan kematian.
Ini hari terakhir kita.
Untuk kita hidup diri lebih layak.
Persiapan jauh - jauh hari π
Kalau kita π₯ di hadirat Tuhan terus, waktu mati kita bisa mati senyum .
Karena kita tahu di balik. Kematian ada kehidupan lagi.
Kalau kita π₯ masih bisa bangun tidur, kita harus mengucap syukur.
Kita harus mengerti dan berubah.
Kita π₯ harus diuji lewat berbagai keadaan.
Kapan kita punya kesempatan mencintai Tuhan ?
Ketika kita berkata "tidak"
Ketika, Kita punya kesempatan
berbuat dosa.
Kita π₯ harus tinggalkan pergaulan dengan orang - orang yang tidak mencintai Tuhan.
Kita dulu yang mulai berubah supaya kita π₯ dapat menyelamatkan keluarga kita, dan orang lain.
Ini menjadi tonggak sejarah baru kita memasuki satu area perjalanan hidup yang baru.
π·Gbu All ....
suka sekali bacanya kak
BalasHapussewa teras alfamart 2018